Senin, 17 September 2012

Komentar Pengaruhi Ketertarikan Pengguna Facebook

CALIFORNIA - Sebuah studi mengungkapkan bahwa semakin banyak komentar yang dimiliki, terutama yang positif, maka mereka akan dianggap lebih menarik. Studi ini dilakukan oleh seorang kandididat doktor jurnalistik bernama Seoyeon Hong dan seorang profesor Kevin Wise.

Dilansir dari Mashable, Senin (17/9/2012), menurut studi baru dari University of Missouri, kemungkinan besar hal pertama yang diperhatikan ketika menambah teman Facebook adalah komentar yang ada di foto profil. Artinya, komentar yang ada di foto profil pengguna sangat mempengaruhi tingkatan daya tarik fisik, sosial, dan profesional.

Hal studi ini dianggap tidak terlalu mengejutkan, karena foto profil memang menjadi hal pertama yang dilihat ketika mengakses profil Facebook.

"Orang-orang cenderung lebih mengandalkan informasi lainnya daripada informasi pribadi ketika memberikan kesan. Dengan demikian, pengguna jejaring sosial seharusnya peduli  tentang pembentukan kesan yang diinginkan, serta menyadari tentang informasi yang dihasilkan oleh orang lain mengenai diri pribadi merupakan hal penting dalam mencapai tujuan presentasi diri yang positif," jelas Hong.

Penelitian Hong ini dilakukan dengan memperlihatkan foto profil dari orang yang sama untuk subjek pengujiannya. Selanjutnya, foto orang yang sedang melakukan sesuatu, seperti atlet berolahraga atau musisi memainkan alat musik, mendapatkan tanggapan yang lebih positif daripada hanya foto kepala pengguna.

"Temuan ini menunjukkan betapa pentingnya menampilkan strategi diri di Facebook. Jika Anda ingin dianggap positif oleh orang-orang yang melihat halaman profil,  maka memasukkan foto profil dengan isyarat sosial positif adalah hal yang penting," pungkas Hong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar