Sabtu, 22 September 2012

Apple Dituduh Contek Desain Jam

CALIFORNIA – Setelah kritikan mengenai aplikasi pemetaan pada sistem operasi teranyar Apple, iOS 6, kini sebuah perusahaan transportasi di Swiss menuduh Apple mencuri desain jam.

Dilansir dari Digitalspy, Sabtu (22/9/2012), layanan transportasi Swiss Federal Railway (SSB) selaku pemilik merek dagang tersebut dikabarkan tengah menyusun sebuah laporan gugatan yang akan dilayangkan kepada Apple.

Desain jam itu sendiri dibuat oleh mantan pegawai SSB, Hans Hilfiker. Jurubicara SSB yang berbicar kepada harian Swiss, Tages-Anzeiger menyatakan bahwa sangat bangga desainnya digunakan pada produk Apple, namun perusahaan besutan mendiang Steve Jobs itu tidak memiliki lisensi untuk desain tersebut.

Sebelumnya, pada 2009 Apple bersitegang dengan Tapbots. Pengembang aplikasi itu menuduh salah satu desain yang ada di aplikasinya sangat mirip dengan salah satu aplikasi di iOS. Apple iOS 6 sendiri juga bermasalah dengan aplikasi pementaannya.

Sejumlah keluhan tentang aplikasi pemetaan Apple itu muncul sejak pembaharuan iOS6 meluncur beberapa hari lalu. Aplikasi itu dinilai memiliki kinerja buruk, seperti ada kota yang pindah atau hilang dan beberapa masalah mengenai nama tempat.

2 komentar: